PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBULATAN DAN PENAKSIRAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEDURUS I SURABAYA

  • NANIK MASULAH
  • BUDIYONO

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi pembulatan dan penaksiran. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Setelah dihitung menggunakan SPSS 25 ,diketahui bahwa nilai Signifikan (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,022 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong bilangan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedurus I Surabaya.

Kata Kunci: Kantong Bilangan, Hasil Belajar, Pembulatan dan Penaksiran.

Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 440