PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN MODO LAMONGAN

  • THIRSA LAULES PURWA
  • HENDRATNO

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN MODO LAMONGAN

Nama : Thirsa Laules PurwaNIM : 15010644103Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas : Fakultas Ilmu PendidikanNama Lembaga : Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Dr. Hendratno, M.Hum.

Media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa karena media wayang kertas merupakan media visual yang relevan dan unik sehingga siswa tertarik untuk memerhatikan proses pembelajaran. Media wayang kertas dapat mewakili percakapan tokoh-tokoh yang terjadi dalam cerita, sehingga siswa pahami isi dari cerita yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan bercerita siswa kelas IV SDN di Kecamatan Modo Lamongan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN di Kecamatan Modo Lamongan. Sampel siswa kelas IV SDN Kedunglerep sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Sambangrejo sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 47,93 dan kelas kontrol sebesar 47,35. Sementara itu, hasil perolehan nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen sebesar 81 dan kelas kontrol sebesar 64,41. Penghitungan uji hipotesis diperoleh uji t-test pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung 0,210 < ttabel 2,042. Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan tidak ada perbedaan antara pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu, uji t-test posttest kelas eksperimen dan kelas kontol diperoleh thitung 7,684 < ttabel 2,042. Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan bercerita siswa kelas IV SDN di Kecamatan Modo Lamongan.

Kata kunci: wayang kertas, keterampilan bercerita

Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 52