IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO STAND UP COMEDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN SUMURWELUT 1/438 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas V SDN Sumurwelut 1 Surabaya. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan media video Stand up Comedy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi media, peningkatan hasil menyimak, dan cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif.. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media video Stand up Comedy dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa secara klasikal dari siklus I samapai siklus II menjadi 86,9%.
Kata Kunci: media video, stand up comedy, keterampilan menyimak
PDF Downloads: 66