PENGARUH MEDIA TRANS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SDN II SUMENGKO

  • WAFIROH ABIDAH
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengrauh penggunan media pembelajaran Trans Book terhadap hasil belajar IPA pada materi Ekosistem kelas V SDN II Sumengko. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain nonequivalent control grup. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN I Sumengko, SDN II Sumengko dan SDN I Pasinan khusus kelas V. Untuk sampel yang digunakan adalah SDN II Sumengko dan SDN I Pasinan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik penggumpulan data dengan (pretest dan posttest), analisis data dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perbedaan hasil pembelajaran kelas eksperimen (0,76) dengan katagori tinggi dan kelas kontrol (0,51) dengan katagori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Trans Book berpengaruh terhadap hasil belajar dan proses pembelajaran IPA materi ekosistem.

Kata Kunci: Media Trans Book, Hasil Belajar, ekosistem dan IPA.

Abstract

This present study aimed to determine the influence of the use of Trans Book learning media on learning science outcomes in ecosystem material on the fifth grade of SDN II Sumengko. This research used the experimental research designed by a nonequivalent control group. The population of this research was all the fifth grades students of SDN I Sumengko, SDN II Sumengko, and SDN I Pasinan. For the samples of this study, it is the students in SDN II Sumengko and students in SDN I Pasinan, which used saturated sampling. The Technique of collecting data used the pretest and posttest and for analyzing, the data used the t-test. The results showed the difference between the control class and the experimental class. The difference results of the experimental class learning showed 0.76 as the high category, and the control class showed 0.51 as the medium category. From the results of the study, it concluded that the use of Trans Book learning media has an effect on the learning outcomes and on the process learning of the science of ecosystem material.

Keywords: Trans Book Media, Learning Outcomes, ecosystems and Science.


Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 55