PENGARUH MUSIK KLASIK DAN MUSIK TRADISI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD LABORATORIUM UNESA KETINTANG

  • KURNIAWAN WAHYU PRATAMA
  • YOYOK YERMIANDHOKO

Abstract

Dalam mengembangkan kemampuan belajar siswa, perlu lingkungan dan iklim pembelajaran yang menunjang (Mulyasa,2007). Peneliti menggagas penerapan musik dalam pembelajaran matematika di kelas V untuk mempengaruhi hasil belajar siswa. Musik yang digunakan; musik klasik karya Mozart dan musik tradisi dari Jawa Barat; Degung Sunda. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif metode eksperimen The Static Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitiannya diambil dengan random sampling untuk menentukan kelas yang digunakan sebagai eksperimen klasik dan tradisi pada kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian ini berdasarkan uji-t sampel berpasangan menunjukkan terdapat pengaruh signifikan hasil pretest-posttest dengan diberikannya treatment. Perhitungan n-gain menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen tradisi lebih baik dibandingkan kelas eskperimen klasik. Dapat disimpulkan musik tradisi berpengaruh lebih signifikan dibandingkan musik klasik terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Musik, Pembelajaran

Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 217
PDF Downloads: 263