PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD

  • RISKA HIDAYATUN NISA
  • WIRYANTO

Abstract

Matematika merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan, untuk itu perlu dipelajari sejak dini yaitu di pendidikan Sekolah Dasar, dalam menunjang hasil pembelajaran maka perlu adanya inovasi, salah satunya yaitu media ludo yang telah diteliti pada siswa Sekolah Dasar kelas V di SDN Tambakrejo 1, Krembung, Sidoarjo ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ludo terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif dan psikomotor. Kemudian pada penerapannya, diambil data berupa hasil belajar siswa dengan menggunakan instrumen tes dan hasil observasi menggunakan instrumen penilaian kemudian data tersebut akan diolah menggunakan metode kuantitatif dengan program SPSS 25 untuk hasil belajar kognitif dan dengan rubrik penilaian untuk hasil belajar psikomotor. Hasil penelitian ini diperoleh hasil dengan uji T bahwa nilai signifikasi (2-tiled) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan media ludo pada ranah kognitif. Sedangkan untuk ranah psikomotor nilai rata-rata siswa diperoleh hasil sebesar 88,125 dengan kriteria sangat baik, yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada ranah psikomotor.

Kata Kunci: Ludo, Hasil Belajar, Kognitif, Psikomotor.


Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 257