PENGEMBANGAN MODUL PENDAMPING PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN TEORI KONSTRUKTIVISTIK

  • FITRIANA WAHYU MUTOHAROH
  • VICKY DWI WICAKSONO

Abstract

Pengembangan ini mengembangkan modul pendamping pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar yang bertujuan untuk 1) menghasilkan produk berupa modul pendamping pembelajaran PPKn kelas IV Sekolah dasar menggunakan teori konstruktivistik, dan 2) menghasilkan produk yang layak dari aspek kontain, efektivitas, dan efisiensi produk. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Bangkingan II/442 Surabaya. Model yang digunakan dalam proses pengembangan modul ini adalah model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri atas tiga tahapan utama. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil penilaian dari validator ahli materi atau kontain dnegan presentase 93% dengan kategori sangat valid, dan hasil penilaian keefektifan modul dengan hasil telah efektif. Hasil uji efisiensi modul dari hasil respons guru dan siswa di peroleh hasil presentase 92,32% dengan kategori sangat efisien. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa modul pendamping pembelajaran PPKn kelas IV Sekolah dasar menggunakan teori konstruktivistik ini layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pendamping, Plomp

Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 68