PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

  • VIOLAH RAHAYU
  • BUDIYONO

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model quantum teaching terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang SDN Lidah Kulon I Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dalam tiga langkah, meliputi pretest, treatment, dan posttest. Ketiga langkah tersebut dilakukan baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas V SDN Lidah Kulon I Surabaya dan sampel penelitian merupakan kelas V-C yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan V-D yang digunakan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes meliputi pretest dan posttest. Data hasil penelitian kemudian diolah secara statistik parametrik dan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar Matematika materi bangun ruang kelas V SDN Lidah Kulon I Surabaya. Pada penggunaan model Quantum Teaching peserta didik lebih memahami konsep dengan lebih matang sehingga pengetahuan itu akan bertahan lama dalam memori siswa serta mendapatkan pembelajaran yang bermakna.

Kata Kunci: quantum teaching, matematika, bangun ruang

Published
2019-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 36