PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

  • HANIK MAULIDATUL ZAHARA
  • BUDIYONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan penjumlahan terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif dan psikomotor siswa kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas I SDN Cerme Lor. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Tes dan Non-tes. Analisis data tes menggunakan uji T-test. Sedangkan untuk analisis data non tes menggunakan skor presentase. Hasil penelitian diperoleh nilai sig (2-tailed) 0.027 < 0.05 (alpha) dan nilai (-thitung) -2.271 > (-ttabel) -2.005. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh presentase sebesar 76,8 % dan presentase pada kelas eksperimen adalah 88,4%, sehingga dapat dikatakan media papan penjumlahan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor.

Kata Kunci: Papan penjumlahan, Hasil belajar, kognitif, psikomotor

Published
2019-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 511
PDF Downloads: 558