IDENTIFIKASI DISKURSUS KULTUR AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TIGA JENIS SEKOLAH DASAR YANG BERBEDA

  • ROSYELA FIRDAUS
  • NENI MARIANA

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pengalaman peneliti saat melakukan praktik mengajar matematika di tiga jenis sekolah dasar yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kultur peneliti yang mempengaruhi pandangannya terhadap kultur akademik dalam pembelajaran matematika serta untuk menganalisa diskursus kultural akademik yang terjadi dalam pembelajaran matematika pada tiga jenis sekolah dasar yang berbeda berdasarkan kurikulum yang diterapkan. Metode yang digunakan adalah writing as inquiry, writing critical auto|etnography, wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya diskursus kultural akademik dalam diri peneliti yang berubah seiring dengan budaya akademik sekolah setempat dan pengalaman yang dilalui peneliti saat mengajar matematika di tiga jenis sekolah dasar yang berbeda serta identifikasi perubahan kultur akademik, pengetahuan dan pengalaman mengajar peneliti. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam membentuk kultur akademik yang baik dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Diskursus, Kultur Akademik, Pembelajaran Matematika.

Published
2019-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 25