EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI TEMATIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SUMPUT SIDOARJO

  • EVITA RAKHMAYANTI
  • MAS SUBAGIO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas atau pengaruh penggunaan media monopoli tematik terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data non tes menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Data tes menggunakan pretest dan posttest. Hasil dari penggunaan media monopoli tematik didapatkan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 83,8% dengan kategori baik dan aktivitas siswa sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian dibuktikan dengan uji hipotesis yang memperoleh nilai t tabel 2.846>2.000. Perolehan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media monopoli tematik berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV.
Kata Kunci: Permainan Monopoli, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar
Published
2019-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 334