PENGEMBANGAN MEDIA RITATOON LACI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • SHE FIRA AZKA ARIFIN
  • WAHYU SUKARTININGSIH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media ritatoon laci siklus air untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan teknik validasi, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan meliputi analyze, developt, design, implement, evaluate. Kevalidan media mencapai 97,64%, dan materi perangkat pembelajaran mencapai 90% dan 91,2%. Kepraktisan media berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 94,27%. Keefektifan media berdasarkan hasil angket rata-rata 97% dan hasil tes pada uji kelompok kecil dan lapangan menunjukkan thitung >ttabel atau peningkatan yang signifikan. Hasil menunjukkan bahwa media ritatoon laci siklus air sangat layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, media ritatoon, siklus air, keterampilan berbicara



Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 120