Pengaruh Strategi Writing Workshop terhadap Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sambikerep Surabaya

  • MAHARANI LYLY ARTANIA
  • SRI HARIANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi writing workshop terhadap keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sambikerep Surabaya. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VB SDN Sambikerep I/479 Surabaya sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA SDN Sambikerep II/480 Surabaya sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dibuktikan melalui uji hipotesis pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung (5,79279) > ttabel (2,00172) sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi writing workshop terhadap keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sambikerep Surabaya.

Kata Kunci: writing workshop, menulis ringkasan.

Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 41