PENERAPAN MODEL PENGALAMAN BERBAHASA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN SOMOROTO 1 PONOROGO

  • NUR LATIFAH AGUSTINA
  • SRI HARIANI

Abstract

Abstrak

Pembelajaran selalu melibatkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki siswa. Melalui penerapan model pengalaman berbahasa, pembelajaran akan lebih kreatif, inovatif dan tentunya menarik. Melalui hal tersebut, hambatan keterampilan membaca permulaan siswa dalam melafalkan huruf dan membedakan huruf akan lebih mendapatkan perhatian. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan temuan-temuan pada pembelajaran penerapan model pengalaman berbahasa dalam keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Somoroto 1 Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Diperoleh presentase hasil penelitian pada keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 91,7% dan ketercapaian nilai rata-rata kelas siswa sebesar 78,3. Jadi, disimpulkan bahwa model pengalaman berbahasa dapat diterapkan pada pembelajaran keterampilan membaca permulaan.

Kata Kunci: membaca permulaan, model pengalaman berbahasa

Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 28