Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Volume Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar

  • SITI ALFIYA NURIANA
  • BUDIYONO

Abstract

Menyelesaikan soal cerita adalah kemampuan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika SD. Tujuan pembelajaran matematika SD menjadikan siswa terampil menggunakan konsep dalam kehidupan, salah satunya konsep volume bangun ruang. Berdasarkan permasalahan ini digunakannya model pembelajaran problem solving untuk diketahui pengaruh model problem solving tehadap kemampuan kognitif dan psikomotor siswa menyelesaikan soal cerita materi volume bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Hasil penelitian menyatakan bahwah model problem solving berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan psikomotor siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji T sebesar 0,000 yang berarti memiliki nilai < 0,05 sehingga Ha diterima. Aspek psikomotor di peroleh nilai rata-rata kelas eksperimen 89 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol 74.

Kata Kunci: Soal Ceri, Problem Solving , Bangun Ruang





Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 317