PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGHADIRKAN MASYRAKAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEMATIK DI SDI ROUDLOTUL HIKMAH- GRESIK

  • VICKY ARGADINATA
  • HENDRIK PANDU PAKSI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknis pembelajaran yang menghadirkan masyarakat sebagai sumber belajar, untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran yang masyarakat sebagai sumber belajarnya dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menghadirkan masyarakat sebagai sumber belajar di SDI Roudlotul Hikmah Kecamatan Wringinanom – Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 23 siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunkan presentase. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji validitas ke dosen ahli atau dosen bidang. Setelah melakukan penelitian, dilakukan pengolahan data dengan menggunakan perhitungan hasil perolehan data. Hasil penelitian secara keseluruhan peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV dengan menghadirkan masyarakat sebagai sumber belajar tematik di SDI Roudlotul Hikmah kecamatan Wringinanom – Gresik menunjukkan peningkatan.

Kata Kunci : Masyarakat sebagai sumber belajar

Published
2019-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 15