PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF RUPATALI BERBASIS FLASH MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV
Abstract
AbstrakPenelitian ini diambil berdasarkan observasi yang dilakukan dan menemukan permasalahan dimana siswa mengalami kesulitan memahami pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pendidikan sosial pada materi keragaman budaya Indonesia. Permasalahan tersebut terjadi karena guru belum mampu memaksimalkan media pembelajaran sebagai perantara dalam menyampaikan materi pembelajaran. selama observasi juga ditemukan potensi untuk memecahkan masalah tersebut yaitu adanya laboratorium komputer yang belum dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk membantu kesulitan belajar siswa. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall dalam Sugiyono dan memodifikasinya menjadi 9 tahapan. Pada penelitian ini dilakukan validasi dengan hasil 75% untuk validasi materi, 93,75% untuk validasi media. Pada uji kelayakan didapatkan hasil 87,5% hasil angket guru dan 91,3% hasil angket siswaKata Kunci: pengembangan, media interaktif, keragaman budaya IndonesiaPDF Downloads: 61