PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ACAK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahuai pengaruh penggunaan media gambar acak terhadap keterampilanmenulis narasi siswa kelas IV. Jenis narasi yang menjadi fokus yaitu, narasi sugestif Jenis penelitian yang
digunakan adalah Quasi Experiment. Rancangan penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group
Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kandangan I/121. Sampel penelitian ini
adalah kelas IV-A dan kelas IV-B. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik
pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas,
reliabilitas, normalitas, dan hipotesis dengan software SPSS 25 for windows.Penelitian ini menggunakan uji
beda Mann-Whitney(non-parametrik). Hasil dari uji hipotesis menunjukan nilai signifikansi yang diperoleh
sebesar 0,019. Nilai tersebut menandai adanya pengaruh yang dibuktikan dengan nilai p yang lebih kecil
dari 0,05.
PDF Downloads: 118