STUDI DESKRIPTIF STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN MATERI IPA PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

  • ANYELIR ROSIDA FIRDAUS
  • JULIANTO

Abstract

Pemberlakuan Kurikulum 2013 dan peranan mata pelajaran IPA sebagai salah satu mata pelajaran wajib pada Kurikulum 2013 menyebabkan guru sebagai pelaksana kurikulum perlu memiliki strategi dalam proses pembelajaran khususnya pada materi IPA dengan beracuan pada kurikulum 2013 yang menekankan pada pendekatan tematik terpadu dan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah strategi guru dalam mengajarkan materi IPA dengan pendekatan tematik terpadu cukup sesuai dengan Kurikulum 2013, namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terutama dalam hal perencanaan pembelajaran. Strategi guru dalam mengajarkan materi IPA dengan pendekatan saintifik cukup menggambarkan pembelajaran yang berbasis proses ilmiah dan sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu adanya penguatan pada presepsi guru terhadap kegiatan menanya dan penguasaan kelas.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Guru Sekolah Dasar, Pembelajaran IPA


Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 119