PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON “HAKAN” PADA MATA PELAJARAN PPKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SISWA KELAS IV SDN LIDAH KULON IV SURABAYA

  • DIMAS NUSWANTORO
  • VICKY DWI WICAKSONO

Abstract

Abstrak

Pengembangan didalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa media video animasi berbasis powtoon dengan judul HAKAN yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikanan hasil kevaliditasan pengembangan media pembelajaran video animasi powtoon HAKAN materi hak dan kewajiban siswa kelas IV (2) Mendeskripsikanan hasil kepraktisan pengembangan media pembelajaran video animasi powtoon HAKAN pada mata pelajaran PPKn materi hak dan kewajiban siswa kelas IV. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN Lidah Kulon IV/ 467 Surabaya. Model penelitian yang digunakan PLOOMP, akan tetapi dalam prosedur penelitian ini tahapan yang digunakan hanya sebatas kriteria kevalidan dan kepraktisan. Penelitian yang dilaksanakan mendapatkan hasil dua kriteria kelayakan antara lain: (1) Kriteria kelayakan validasi materi sebesar 95,37% (layak), dan kriteria kelayakan validasi media sebesar 90,21% (layak); (2) Kriteria kelayakan kepraktisan pada uji coba skala kecil sebesar 96,29% (praktis), dan kriteria kelayakan kepraktisan uji coba skala besar sebesar 98,62% (praktis); uji coba skala kecil yang dilaksanakan pada kelas IVA dan Uji coba Skala besar dilaksanakan pada Kelas IVB SDN Lidah Kulon IV/ 467 Surabaya. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran HAKAN memenuhi kedua kriteria kelayakan.

Kata kunci: HAKAN, Pengembangan media pembelajaran, Powtoon, dan Video Animasi.

Abstract

The development in this research is to develop instructional media in the form of powtoon based animated video media with the title HAKAN which aims to: (1) Describe the results of validity of the development of video learning media animation powtoon HAKAN material rights and obligations of students of class IV (2) Describe the practicality of the development of instructional media animated powtoon HAKAN video on Civic Education subject matter of rights and obligations of fourth grade students. The subject of this research is the students of grade IV in Lidah Kulon Elementary School IV / 467 Surabaya. The research model used by PLOOMP, but in this research procedure the stages used are only limited to the criteria of valid and practicality. The research conducted to get the result of two criteria of eligibility are: (1) The criterion of material validation validity is 95,37% (feasible), and media validation feasibility criterion is 90,21% (feasible); (2) Criteria for practicality in small-scale testing of 96.29% (practical), and the criteria of practicality of large-scale practicality of 98.62% (practical); small-scale trials conducted in the IVA class and large scale trials are conducted at IVB Lidah Kulon Elementary School IV /467 Surabaya. So it can be concluded HAKAN learning media meets both eligibility criteria.

Keywords: HAKAN, Development of learning media, Powtoon, and Animation Video.

Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 349
PDF Downloads: 443