Pengembangan Media Kit Sifat Cahaya Berbasis Science Edutainment pada Siswa Sekolah Dasar

  • AYU MASWINDAH
  • SURYANTI

Abstract

Penelitian berjenis pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Media Kit Sifat Cahaya Berbasis Science Edutainment pada Siswa Sekolah Dasar ditinjau dari segi validitas, kepraktisan dan efektifias media. Menggunakan model pengembangan ADDIE, diperoleh: (1) Penilaian validitas oleh ahli media dan ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,90 dengan persentase sebesar 98% dan 4,49 dengan persentase perolehan sebesar 89,80% (2) Penilaian kepraktisan menurut siswa baik dalam uji coba kelompok kecil maupun kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 4,65 dengan persentase sebesar 93% (3) Penilaian kepraktisan menurut guru ahli memperoleh nilai rata-rata 4,79 dengan persentase 95,85% (4) Penilaian efektifitas media memperoleh skor rata-rata N-Gain 0,67 dengan kategori sedang. Secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa Media Kit Sifat Cahaya Berbasis Science Edutainment tergolong layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di sekolah dasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kit Sifat-sifat Cahaya, Science Edutainment, Pembelajaran IPA SD.


Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 141