PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN JATIRENGGO I GLAGAH LAMONGAN

  • AFLAHATIL MAULA
  • SUPRAYITNO

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar serta aspek dalam Pop Up Book mana yang siginifikan membuat siswa tertarik terhadap media Pop Up Book, sehingga hasil belajar dapat meningkat. Menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Jatirenggo I Glagah Lamongan yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar tes. Hasil penelitian dari dua siklus menunjukkan peningakatan. Aktivitas guru dari siklus I sampai II memperoleh presentase sebesar 71,66%, 85,83%. Sedangkan aktivitas siwa dari siklus I sampai siklus II memperoleh presentase sebesar 71,87%, 82,29%, Hasil belajar klasikal pada siklus I sampai siklus II 65,62%, 81,25%. Aspek dalam media Pop Up Book yang siginifikan membuat siswa tertarik, sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan, dapat diurutkan sebagai berikut: 1. aspek munculnya gambar, 2.aspek berdimensi, 3. Aspek desain, 4. Aspek warna, 5. Aspek tulisan. Dapat disimpulkan, bahwa hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media Pop Up Book pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Pop Up Book, hasil belajar, IPS.





Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 209