PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MONTASE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN KEDURUS I SURABAYA

  • ALMIRA NAILARISSA
  • MASENGUT SUKIDI

Abstract

Media pembelajaran digunakan sebagai alat dalam pembelajaran yang memudahkan siswa dalam menerima dan mengembangkan informasi yang sesuai dengan materi pembelajaran. Bentuk media yang dapat digunakan salah satunya berbasis visual yaitu media montase. Rangkaian gambar yang terdapat pada media montase memudahkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berbicara sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan media montase terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Kedurus I Surabaya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa dan III B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Pada tahap analisis data instrumen dilakukan dengan uji validitas instrumen dan uji reliabilitas. Sementara itu, tahap analisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media montase terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Kedurus I Surabaya. Dalam hal ini, dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang diterima dengan nilai thitung 2,327 > ttabel 2,021 dengan taraf signifikansi 5%.

Kata kunci : media montase, keterampilan berbicara
Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 242