EFEKTIVITAS PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SDN LIDAH WETAN II/462 SURABAYA

  • ALIFAH KUSUMANINGSIH
  • SURYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan tradisional engklek dalam pembelajaran IPA dan efektivitas penerapan permainan tradisional engklek terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji-t dan effect size. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara pembelajaran yang menggunakan permainan engklek dan pembelajaran konvensional dengan hasil nilai sig (2-tailed) yang didapat sebesar 0,000 < 0,05. Serta berdasarkan uji effect size menunjukan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 79% yang termasuk dalam kategori tinggi sehingga penerapan permainan tradisional engklek efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Engklek, Hasil Belajar, IPA

Abstract

This research aims to determine the application of traditional game of usually in science learning and the effectiveness of engklek traditional game application to the in fourth grade at Lidah Wetan II/462 Elementary School Surabaya. This research uses experimental methods. The research draft uses a quasi experimental design with Nonequivalent control group design. The data analysis techniques used in this study are t-test and effect size. The results showed a significant difference in the science learning outcomes with uses engklek learning and conventional learning with the result of a sig (2-tailed) value obtained by 0.000 < 0.05. As well as the test of the effect size shows an increase in students learning outcomes of 79% which belongs to the high category so that the engklek traditional game implementation is effective to improve student learning outcomes.

Keywords: Traditional games , Engklek, Learning outcomes, Science




Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 222