PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN MANUKAN KULON VI SURABAYA

  • MARATUL FAUZIYAH
  • WAHYU SUKARTININGSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan pada analisis kebutuhan pembelajaran yang melibatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses, tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV SDN Manukan Kulon Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, validasi, angket, penilaian pembelajaran, dan tes dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan dengan persentase sebesar 98%-100%. Tingkat kepraktisan sebesar 100% sedangkan hasil ketercapaian pembelajaran pada uji coba I dan II sebesar 94,65% dan 97,32%. Tingkat keefektifan dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 6,84 ≥ 2,365 pada uji coba I dan 13,75 ≥ 2,052 pada uji coba II.

Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, model pembelajaran kooperatif, tipe MURDER, keterampilan membaca pemahaman.

Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 95