PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN NGURUHAN 01 KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

  • HELMY PRAYOGI
  • MULYANI

Abstract

Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat merupakan salah satu faktor keberhasilan dari suatu proses pembelajaran.Berdasarkan observasi peneliti di SDN Nguruhan 01 Kecamatan Soko Kabupaten Tuban tempat peneliti mengajar, dalam pembelajaran guru masih menggunakan strategi pembelajaran lama. Guru hanya menggunakan strategi ceramah, sedangkan siswa hanya duduk diam dan mendengarkan penjelasan guru. Guru juga hanya terpaku pada buku paket. Hal ini membuat pembelajaran menjadi membosankan dan menimbulkan rasa malas pada siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada nilai prestasi belajar siswa. Keadaan semacam ini juga mempengaruhi tingkat pemahaman siswa pada apa yang sedang dipelajari. Siswa hanya akan paham selama materi itu disampaikan. Namun sesudahnya siswa akan lupa begitu saja karena konsep yang tertanam dalam pikiran siswa kurang begitu kuat. Hal ini mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Dari sinilah perlu adanya perubahan pada proses pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa bahwa apa yang mereka pelajari menjadi lebih bermakna dan tidak mudah hilang meski waktu pelaksanaan pembelajaran sudah lewat. Tujuan penelitian ini adalah penerapan Quantum Teaching untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Nguruhan 01 Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus, terdiri dari empat komponen yaitu: rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Nguruhan 01 Kecamatan Soko Kabupaten Tuban berjumlah 11 siswa, terdiri dari 9 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan catatan lapangan dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 71,73% menjadi 81,82%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Nguruhan 01 Kecamatan Soko Kabupaten Tuban.

Kata Kunci : Quantum Learning, Hasil Belajar, Pelajaran IPA






Published
2019-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 19