Pengaruh Metode Mendongeng terhadap Keterampilan Berbicara pada siswa kelas IV di Kecamatan Sukodono

  • IKRIMATUZ ZULFA
  • HENDRATNO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode mendongeng terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan rancangan Nonequevalent Control Group Desaign. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh SDN di Kecamatan Sukodono. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN Masangan Kulon sebagai kelas kontrol dan SDN Suko sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 69,14 sedangkan kelas eksperimen 72,93. Hasil postest untuk kelas kontrol yaitu 74,19 dan kelas kelas eksperimen yaitu 78,59. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil thitung 4,0648 > ttabel 2,1016. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mendongeng terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas IV di Kecamatan Sukodono.

Kata Kunci: mendongeng, pengaruh, berbicara.

Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 337