PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • GHATI NANDA APRILIA
  • SURYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi pada hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor serta tes hasil belajar kognitif siswa. Hasil observasi pada hasil belajar ranah afektif dan psikomotor memperoleh rata – rata 90%, sedangkan pada posttest 87,50% siswa dinyatakan tuntas. Nilai N-Gain hasil belajar adalah 0,52 yang termasuk kategori sedang. Uji t-test hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel (7,965 > 2,042). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran POGIL dan pembelajaran konvensional dengan nilai sig (2-tailed) yang didapat sebesar 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: model pembelajaran POGIL, Hasil belajar IPA.






Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 87