Pengembangan Media Kartu Kuartet untuk Keterampilan Menulis Narasi Sugestif Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian pengembangan media Kartu Kuartet ini dilakukan untuk mengoptimalkan keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas V SD. Model pengembangan produk yang dietapkan adalah model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data dengan lembar validasi materi, media, lemba angket guru dan siswa. Teknik analisis data dengan data hasil validasi dan data tanggapan siswa dan guru. Diperoleh keterampilan berupa keterlaksanaan proses yang ditetapkan. Kevalidan media adalah 90% dan kevalidan materi adalah 91% dengan kategori layak. Hasil angket siswa sebesar 92,28%, sedangkan pengamat atau guru sebesar 87,5%. Kualitas media diketahui dari hasil nilai sumatif siswa, kelas kecil mendapatkan nilai rata-rata 81,5% dan kelas besar 85,08%.
Kata Kunci: pengembangan, media kartu kuartet, keretampilan menulis, narasi sugestif
PDF Downloads: 207