Kerajinan Sarung Tenun Desa Wedani Gresik Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnomatematika di Sekolah Dasar

  • ANI SETIYA AGUSTIN
  • YOYOK YERMIANDHOKO

Abstract

Penelian ini dilakukan untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terkandung pada kearifan lokal suatu daerah yaitu kerajinan sarung tenun Desa Wedani Gresik untuk dijadikan sumber belajar berbasis etnomatematika di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode etnografi , wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa konsep matematika yang terkandung dalam kerajinan sarung tenun. Konsep matematika yang ditemukan antara lain konsep bilangan, geometri, perbandingan dan aproksimasi pada kelas rendah dan kelas tinggi Konsep matematika tersebut dikaitkan dengan kompetensi dasar sehingga dapat digunakan peserta didik sebagai sumber belajar berbasis etnomatematika. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kearifan lokal kerajinan sarung tenun dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh peserta didik,

Kata Kunci: sarung tenun, kearifan lokal, sumber belajar, etnomatematika






Published
2019-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 250