Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Cooperative Integrated and Reading Composition (CIRC) Pada Kelas V
Abstract
Abstrak
Pembelajaran yang banyak diterapkan di kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran kooperatif karena memiliki bobot keberhasilan yang menunjang dalam pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar. Bentuk dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu pada aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran CIRC mengalami peningkatan pada siklus I 76,25 % dan siklus II 93,25 %. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan 78,75 % pada siklus I dan 88,75 % pada siklus II. Untuk hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I 66,7 % dan siklus II 93,3 %. Dapat disimpulkan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah 5 Kota Surabaya.
Kata Kunci : CIRC, Aktivitas pembelajaran, dan Hasil Belajar
Abstract
Many studies have been implemented in the 2013 curriculum using cooperative learning models. Because it has a weight of success that supports in classroom learning. The purpose of this research is to describe teacher activity, student activity and increased learning outcomes. The form of this research is class action (CAR). The results this study that the teacher activity using CIRC learning models increased in the I 76.25% cycle and II 93.25% cycle. In student activity experienced an increase of 78.75% in cycle I and 88.75% in cycle II. For learning results in cycle I 66.7% and cycle II 93.3%. Inconclusive the CIRC learning model can improve the learning outcomes of students of V MI Muhammadiyah 5 Surabaya.
Keywords: CIRC, learning activity, and learning outcomes
Downloads

