PENERAPAN QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • NADHIFATUL AMALIA ZULFAH
  • MOHAMMAD HUSNI ABDULLAH

Abstract

Belum maksimalnya proses pembelajaran, pengorganisasian kinerja kelompok, dan penggunaan buku mengakibatkan belum memuaskannya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sumberjo 2. Berdasarkan data observasi awal hanya 9 dari 29 siswa yang mencapai nilai KKB. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS dengan menerapkan metode Quick on The Draw agar hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil aktivitas guru dari siklus I-II sebesar 77% meningkat menjadi 90%. Hasil aktivitas siswa siklus I-II sebesar 76% menjadi 91%. Hasil belajar IPS siswa juga meningkat dari 31% tuntas menjadi 62% di siklus I dan 93% di siklus II. Disimpulkan dengan menerapkan metode Quick on The Draw dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Quick on The Draw, hasil belajar, sekolah dasar.

Published
2019-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 218