PENGGUNAAN PELEPAH PISANG SEBAGAI BAHAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT MOZAIK PADA SISWA KELAS II SDN LAKARSANTRI I/472 SURABAYA

  • EKA NOVIYAH ROHMAWATI
  • SUPRIYONO

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes unjuk kerja. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 88%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76% dan siklus II sebesar 83%. (3) Kreativitas siswa pada siklus I yang tuntas sebesar 18 siswa dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 30 siswa. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan alam pelepah pisang dapat meningkatkan kreativitas membuat mozaik pada siswa kelas II SDN Lakarsantri I/472 Surabaya.

Kata Kunci: Bahan Alam, Mozaik, Kreativitas Siswa

Abstract

This research method’s uses classroom action research design. Data collection techniques in this research are the observation and testing and performance. Meanwhile, the data collection instruments are teacher’s activity observation sheet, students’ activity observation sheet and the students’ skill sheet. Result of this research showed (1) Teacher’s activity the first cycle is 79% and the second cycle is 88%. (2) Students’ activity the first cycle is 76% and the second cycle is 83%. (3) Students’ skill on the first cycles is 18 students and increasing to 30 students on second cycle. From those results, it can be concluded that using grains can increase skill to making mosaic on the students grade II of SDN Lakarsantri I/472 Surabaya.

Keywords: Natural ingredients, Mozaic, Student creativity


Published
2019-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 105