PENERAPAN STRATEGI PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, AND EVALUATE (PORPE) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

  • RISKA NIKMATULAILI
  • SRI HARIANI

Abstract

Pada proses pembelajaran membaca pemahaman, guru dapat menerapkan strategi membaca yang dapat membantu siswa dalam memahami teks bacaan khususnya jenis bacaan nonfiksi. Salah satu strategi yang dapat digunakan guru adalah strategi predict, organize, rehearse, practice, and evaluate (porpe). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan 29 siswa kelas V SDN Wiyung I/453 Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi proses pembelajaran, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dengan menggunakan strategi porpe dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman diperoleh nilai rata-rata kelas pada tes di pertemuan pertama sebesar 73,6 dan pada tes di pertemuan kedua sebesar 83,93.

Kata Kunci: membaca pemahaman, teks nonfiksi, porpe

Published
2019-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 624