Penggunaan Media CAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Pada Kelas V SDN Kebaron Sidoarjo

  • AKHMAD DICKY PUTRA HUFIYANTO
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media Computer Assisted Instruction (CAI) pada materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di kelas V SDN Kebaron Sidoarjo. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada tiap siklusnya. Selain aktivitas tersebut, hasil belajar siswa dalam dimensi kognitif juga mengalami kenaikan persentase ketuntasan pada tiap siklusnya. Hingga pada siklus ketiga, semuan target ketercapaian sudah dapat dilampaui semua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CAI mampu meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar dimensi kognitif siswa.

Kata Kunci: media CAI, pembelajaran, hasil belajar

Abstract

The purpose of this study is to describe teacher activities, student activities, and student learning outcomes in social studies learning to use Computer Assisted Instruction (CAI) media on the Proclamation of Independence of the Republic of Indonesia in class V of SDN Kebaron Sidoarjo. Using the Class Room Action Research method. The results showed an increase in the percentage of implementation of teacher activities and student activities in each cycle. In addition to these activities, student learning outcomes in cognitive dimensions also experienced an increase in the percentage of completeness in each cycle. Until the third cycle, all targets have been exceeded. So that it can be concluded that the use of CAI media is able to increase the activities of teachers and students in the learning process, as well as improve learning outcomes in the cognitive dimensions of students.

Keywords: CAI media, learning, learning outcomes.


Published
2019-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 146