EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA DI KELAS IV SDN 1 SLEMPIT KECAMATAN KEDAMEAN GRESIK

  • ROSAYANA FRIDA LAILATUL LIBRIAN
  • HERU SUBRATA

Abstract

Abstrak

Sebagai salah satu kompetensi yang ada di sekolah dasar maka menulis Aksara Jawa harus dikuasai oleh seluruh siswa. Namun pada kenyataannya, mata pelajaran ini tidak berkembang sesuai harapan. Siswa sulit memahami perbedaan jenis, bentuk, dan bunyi Aksara Jawa sehingga hal ini menyebabkan hasil belajar menulis Aksara Jawa siswa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran menulis Aksara Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi proses pembelajaran, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada penggunaan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan dari 69 menjadi 87,5 dengan ketuntasan waktu pengerjaan sangat baik. Respon yang diberikan menunjukkan bahwa siswa termotivasi dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung efektif dalam pembelajaran menulis Aksara Jawa siswa kelas IV SDN 1 Slempit Kecamatan Kedamean.

Kata Kunci: Menulis Aksara Jawa, model pembelajaran langsung, bahasa Jawa.

Abstract

As one of the competencies in elementary school, writing Javanese characters must be controlled by all students. But in reality, these subjects did not develop as expected. Students find it difficult to understand the different types, shapes, and sounds of Javanese script so that the writing of Javanese script is relatively low. This study aims to determine the effectiveness of the direct learning model in learning to write Javanese script. This research is a qualitative descriptive study. The data collection technique uses learning process observations, tests, questionnaires, and documentation. The results showed that the average value of students in the use of direct learning models experienced an increase from 69 to 87.5 with excellent completion time. The response given shows that students are motivated in learning. It can be concluded that the use of direct learning models is effective in learning to write Javanese scripts for fourth grade students at SDN 1 Slempit, Kedamean District.

Keywords: Writing Javanese script, direct learning model, Javaneses language




Published
2019-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 109