Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menentukan Gagasan Pokok Siswa Kelas IV SD Islam Al-Chusnaini Kelopo Sepuluh

  • DIAN ANGGRAINI

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Peneliti melakukan penelitian di SD Islam Al-Chusnaini Kelopo Sepuluh Sidoarjo. Pada kegiatan observasi, peneliti melihat, masih terjadi kegiatan belajar yang kurang produktif diantaranya, performa guru dalam mengajar yang kurang efektif, semangat siswa dalam mengikuti aktivitas belajar masih kurang, suasan kelas dalam menunjang pembelajaran yang kurang mendukung. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus pada pengamatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran NHT. Pada siklus 1, didapatkan hasil perhitungan rumus secara klasikal persentase aktivitas guru sebesar 84,2%, persentase aktivitas siswa sebesar 68,16%, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 53,8%. Pada penelitian siklus 2, didapatkan hasil perhitungan rumus secara klasikal persentase aktivitas guru sebesar 88,8%, persentase aktivitas siswa sebesar 95,8%, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 100%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT), Gagasan Pokok

Published
2019-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 220