PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN LEMINGGIR KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

  • LUTFI FIRMANSYAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode Outdoor Study terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperiment Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Sampel penelitiannya adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh (2,337) > (2,02439) yang berarti diterima dan ditolak dengan kesimpulan yaitu adanya pengaruh metode Outdoor Study terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Leminggir Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Kata Kunci: metode outdoor study, keterampilan menulis puisi

Abstract

The purpose of this research is to determine the influence of Outdoor Study method on poetry writing skills in IV grade of Leminggir Elementary School Mojosari District Mojokerto City. The type of this research is experimental research and used Quasi Eksperiment Design. The research design used is Nonequivalent Control Group Design. The population of this research was fourth grade students at Leminggir Elementary SchoolMojosari District Mojokerto City. The research sampel was class IV B as the experimental class and class IV B as the control class. The retrival data techniques is observation and test. The analisys data techniques is validity test, reliability test, normality test, and hypothesis test.Based of the result from hypothesis test on post-test experimental class and control class data obtained (2,337) > (2,02439) which mean accepted and rejected and the conclusion is that there are influence of Outdoor Study method on poetry writing skills in IV grade of Leminggir Elementary School Mojosari District Mojokerto City.

Keywords: outdoor study method, poetry writing skills


Published
2019-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 203