PENGARUH MEDIA MIKSUPAJA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TULISAN JAWA PADA SISWA KELAS V DI SDN KEBRAON I/436 SURABAYA

  • DIANA MARATUS SHOLIHAH
  • HERU SUBRATA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Miksupaja terhadap keterampilan membaca siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebraon I/436 Surabaya. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest yang diolah dengan statistik parametrik dan uji-t dua sampel independen. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media Miksupaja dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional tanpa media. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media Miksupaja terhadap keterampilan membaca siswa.

Kata Kunci: Miksupaja, Komik Aksara Jawa, Media Komik Bisu.

Published
2019-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 48