PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS UNTUK PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • HILDA TSULUTSULLAYL MAWLIDYANA
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui kepraktisan, keefektifan pengembangan LKPD berorientasi model pembelajaran kooperatif TPS untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. LKPD dikembangkan untuk memperkuat konsep materi yang telah dimiliki siswa. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Sampel yang digunakan sebagai uji skala kecil yaitu 6 siswa kelas IVB dan sebagai uji skala luas yaitu 22 siswa kelas IVA. Pengumpulan data menggunakan 3 cara yaitu angket, observasi, dan tes. LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid setelah divalidasi oleh ahli dengan presentase 85,4% kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh 86% dan keefektifan hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan.

Kata Kunci: LKPD, Think Pair Share, IPA

This studyhaims to determine the feasibility of developing worksheet based think pair share learning model for science learning of fourth grade Primary School. The developed worksheet to support the concept lesson by students. Type of research which is used Research and Development (R&D). The population of this studyfis the fourth grade of SDN Lidah Kulon IV Surabaya. The sample is used as a small-scale trial that is 6 students of class IVB and as a large-scale trial is 22 students of class IVA. Data collection uses with 3 method are questionnaires, observations, and tests. The developed worksheet is valid with the percentage of 85,4%, the practicality of learning implementation achieves 86%, and the effectiveness of the learning outcomes become significant increase.

Keywords: Worksheet, Think Pair Share, Science


Published
2019-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 121