PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN SLEMPIT 1 KEDAMEAN GRESIK

  • ROZA ZAKY ARDIPRATIWI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Slempi 1 Kedamean Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Slempit 1 Kedamean Gresik. Sampel penelitianya adalah siswa kelas VA merupakan kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes dan teknik observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji readibilitas, uji normalitas dan uji hipotesis.

Kata Kunci: Quasi Experiment, Nonequivalent Control Group Design, Model Pembelajaran Think Talk Write, teks narasi, dan menulis.

Abstract

This study aims to determine the effect of Think Talk Write Learning Model on narrative writing skills of fifth grade students at Slempit 1 Elementary School Kedamean Gresik. The type of research used was Quasi Experiment with the design of Nonequivalent Control Group Design. The population of this study was grade V students at Slempit 1 Elementary School Kedamean Gresik. The research sample was VA class students were the experimental class and VB class students as the control class. The data collection techniques of this research are test techniques and observation techniques. The data analysis used in this study is validity test, readibility test, normality test and hypothesis test.

Keywords: Quasi Experiment, Nonequivalent Control Group Design, Think Talk Write Learning Model, Narrative Text, and Writing.


Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 53