Pembelajaran Keterampilan Sosial Pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN Inklusi Klampis Ngaserm 1 Surabaya

  • NOVANDA NUR KHASANAH
  • PUTRI RACHMADYANTI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran keterampilan sosial pada siswa berkebutuhan khusus di SDN Klampis Ngasem 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan secara holistik mengenai pembelajaran keterampilan sosial pada siswa berkebutuhan khusus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan memahami karakteristik ABK, pelaksanaan pembelajaran keterampilan sosial di sesuaikan dengan ketunaan dan potensi ABK, evaluasi hasil belajar ABK. Hasil penelitian ini sekaligus membuktikan teori kompetensi pedagogik guru aspek menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.

Kata Kunci: Pembelajaran Keterampilan Sosial, Sekolah Inklusi, Siswa Berkebutuhan Khusus.

Abstract

The purpose of this research was to analysis the planning, implementation and evaluation of learning social skills on the exceptional students in elementary school of Klampis Ngasem 1 Surabaya. This research used qualitative approach with descriptive methods that describes holistically about teacher learning social skills in exceptional students through three stages that planning, implementation and evaluation of learning. Researcher used three type of qualitative research: interview, observation, study of documentation and technique triangulation. The result was showed that planned by understanding the characteristics of exceptional students, implemented of social skills learning strategies tailored to the abilities and potential of exceptional students, evaluated the learning outcomes of the exceptional students. This research result at the same proved the theory of teacher’s pedagogical competence aspects master learning theory and the principles of educational learning.Keywords: Social Skills Learning, Inclusive School, Exceptional Students.
Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 1366