Penerapan Media Pembelajaran Kartu Remi Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

  • RIZAMUS SAADAH
  • JULIANTO

Abstract

ABSTRAK

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang mengajarkan siswa tentang proses dan fakta yang berkaitan dengan fenomena alam dan makhluk hidup. Materi yang diberikan pada mata pelajaran IPA merupakan jenis materi yang menyenangkan bagi siswa. Namun apabila seorang guru tidak dapat menyampaikannya dengan baik, materi pelajaran IPA akan membosankan. Salah satu cara untuk meningkatkan cara penyampaian materi adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran terbukti mampu meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas.

Sebuah studi di SDN Kebraon Kecamatan Tulangan Sidoarjo menemukan bahwa guru di kelas jarang menggunakan media dalam proses belajar mengajar. Guru masih mempertahankan model ceramah ketika menerangkan pelajaran di kelas. Pada saat yang sama, guru banyak menemui masalah seperti siswa yang bermain dan tidak memperhatikan dalam proses pembelajaran IPA. Peneliti kemudian membuat sebuah penelitian tentang penggunaan media kartu remi bergambar pada pembelajaran IPA. Subjek yang digunakan adalah guru dan siswa SD kelas IV yang berjumlah 37 orang. Seluruh penelitian dilaksanakan di sekolah.

Dalam penelitian ini terdapat dua siklus yang digunakan. Siklus pertama digunakan untuk mengetahui kemampuan awal ketika penelitian akan dilakukan, dan siklus kedua digunakan untuk mengukur ketercapaian siswa dan guru setelah penelitian. sebelum itu diambil data sebelum penelitian dilaksanakan. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh hasil meningkatnya aktivitas guru dan siswa di dalam kelas. Selain itu terdapat pula peningkatan hasil belajar dari siswa setelah menggunakan media remi bergambar. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media remi bergambar mampu meningkatkan proses belajar dan mengajar di dalam kelas.

Kata kunci: remi bergambar, hasil belajar, mata pelajaran IPA

Abstract

Science is one of the subjects that teaches students about processes and facts related to natural phenomena and living things. The material given to science subjects is a kind of material that is fun for students. But if a teacher cannot convey it well, science lesson material will be boring. One way to improve the way the material is delivered is by using learning media. The use of instructional media proved to be able to improve the quality of teaching and learning in the classroom.

A study at Kebaron Elementary School in Tulangan Sidoarjo district found that teachers in the classroom rarely used media in the teaching and learning process. The teacher still maintains a bright model when explaining class lessons. At the same time, many teachers encounter problems such as students who play and do not pay attention in the process of learning science. The researcher then made a study about the use of pictorial playing card media in science learning. The subjects used were teacher and elementary school students, amounting to 37 people. All studies were carried out at the school.

In this study there are two cycles used. The first cycle is used to determine the initial ability when the research will be conducted, and the second cycle is used to measure the achievement of students and teachers after the study. before that data was taken before the study was carried out. After the research was conducted, the results of the increase in the activity of teachers and students in the classroom were obtained. In addition there is also an increase in learning outcomes from students after using pictorial rummy media. These results indicate that the use of pictorial rummy media can improve the learning and teaching process in the classroom.

Keywords: Keywords: picture playing cards, learning outcomes, science subjects


Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 275