Upaya Pembentukan Karakter Siswa Kelas II Melalui Kegiatan Kepramukaan Di Sekolah Dasar Negeri Betro Sidoarjo

  • GUNAWAN PUJIYANTO

Abstract

Pendidikan karakter belakangan ini sering disebut-sebut lagi. Banyak kalangan yang mensosialisasikannya, seperti sesuatu yang baru. Namun setelah dipahami definisi pendidikan dalam UU nomor 20 tahun 2003, pendidikan itu sudah mencakup pendidikan karakter yang kini kembali disebut-sebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan pendidikan karakter di SDN Betro Sedati Sidoarjo terutama pada karakter jujur sudah baik. Pelaksanaan kegiatan kepramukaan di SDN Betro Sedati Sidoarjo berjalan lancar sesuai prosedur yang direncanakan. Perkembangan karakter jujur pada pelaksanaan Pramuka Siaga dikategorikan sangat baik sesuai dengan hasil penelitian dan analisis data yang didapatkan pada kegiatan kepramukaan.

Kata Kunci: pendidikan karakter, kegiatan kepramukaan

Recent character education is often mentioned again. Many people socialize it, like something new. But after understood the definition of education in LAW number 20 year 2003, the education has included character education that is now re-mentioned. The approach used in this study is qualitative descriptive research. The qualitative approach in this study was implemented in the form of descriptive analysis. Based on the results of the research development of character education at SDN Betro Sedati Sidoarjo especially in the honest character is good. The implementation of Scout activities at SDN Betro Sedati Sidoarjo went smoothly according to the planned procedure. The development of honest characters in the implementation of the standby Scout is categorized very well in accordance with the results of research and analysis of data obtained in Scouting activities.

Keywords: Character education, Scout activities

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 102