PENGARUH MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PERMAINAN MIX AND MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SDN LIDAH KULON IV/467 SURABAYA

  • SITI MARIFATUL AINIYAH

Abstract

Abstrak

Pembelajaran IPS di sekolah dasar, menuntut para guru untuk menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran IPS dikelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya belum dapat mencapai tujuan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hasil belajar siswa dengan media gambar model permainan mix and match pada materi sumber daya alam. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan Nonequivalen Control Group Design. Metode quasi eksperimendmerupakan metodenyang menggunakanmpenelitian padamdua kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang berbentuk tes objektif dengan bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas dan uji t-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan media gambar dengan metode permainan mix and match menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Menyelesaikan soal sumber daya alam pada mata pelajaran IPS sebelum diberikan media gambar (pretest) untuk kelas eksperimen rata-rata yaitu: sebesar 62,692 dan standar deviasi sebesar 10,02 dan nilai rata – rata untuk kelas kontrol sebesar 66,730 dengan standar deviasi sebesar 9,267. Dilaksanakannya penelitian ini tentunya masih banyak keterbatasan yang ada diantaranya yaitu hanya terbatas pada satu pelajaran sehingga belum bisa diketahui bagaimana pengaruhnya jika diterapkan pada pembelajaran lain. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media gambar model permainan mix and match hanya untuk mengukur pengaruhnya dengan hasil belajar, sehingga belum dapat diketahui pengaruhnya terhadap aspek penilaian yang lain.

Kata kunci : Pengaruh, Media gambar permainan mix and match, Hasil Belajar

Abstract

Abstract: Social science learning in elementary school, demanding teachers to use media that can attract the attention of students. However, in the implementation of IPS processed IV learning SDN Lidah Kulon IV Surabaya hasnt been able to achieve the goal of maximum. The purpose of this study was to find out how much influence student learning outcomes with media images of the mix and match game model on natural resource material. The method used by researchers is to use quantitative research methods. Type of quasi experiment (quasi experiment) using Nonequivalent Control Group Design The method (quasi experiment) is a method that uses research in two classes. Data collection techniques are carried out using tests. This test technique is in the form of an objective test with the form of multiple choice questions which amounts to 20 questions. Analysis of the data used is the test of validity, reliability, normality and t-test. The results of the research that have been carried out using image media with the mix and match game method show that there is a significant influence on student learning outcomes. Solve the problem of natural resources on social studies subjects before given the media image (pretest) for the experimental class on average that is equal to 62,692 and the standard deviation of 10.02 and the average value for the control class is 66,730 with a standard deviation of 9.267. The implementation of this study is certainly still a lot of limitations that exist, including only limited to one lesson so that it cannot be known how it will be applied to other learning. This research was conducted by using a mix and match game model image only to measure its influence with learning outcomes, so that its influence on other aspects of the assessment cannot be known.

Keyword: Influence, Media image game mix and match, Learning Outcome

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 116