MEDIA PEMBELAJARAN CAI SIKLUS AIR KELAS V SD

  • DIANA RIDQI PUTRI PRATIWI
  • ULHAQ ZUHDI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk menghasilkan media pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran IPA materi Siklus Air yang layak dan evektif untuk siswa kelas V SDN Babatan I/456 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang dimodivikasi oleh Sugiono. Dalam penelitian ini, peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada prosedur kesembilan. Hal tersebut dikarenakan fokus penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media pembelajaran yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil persentase kevalidan dari validasi materi sebesar 91,07 % (sangat layak), validasi media sebesar 90,38% (sangat layak), validasi perangkat pembelajaran sebesar 89,58% (sangat layak), validasi soal pre-test dan post-test sebesar 88,46% (sangat layak), dan validasi angket siswa sebesar 90,90% (sangat layak). Hasil presentasi angket siswa pada uji coba produk sebesar 90,90% (sangat layak) dan hasil presentasi angket siswa pada uji coba pemakaian sebesar 96,87% (sangat layak). Untuk mengetahui keevektifan media pembelajaran yang dihasilkan, peneliti melakukan perhitungan terhadap hasil pre-test dan post-test yang dilakukan. Berdasarkan t hitung yang didapatkan, yaitu sebesar 7,772 dengan t tabel yang didapatkan yaitu sebesar 31, dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel = 7,772 > 2,039, dengan taraf siknifikan sebesar 5%. Maka penggunaan media pembelajaran CAI siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Computer Assisted Instruction (CAI), Siklus Air, SD

Published
2019-08-05
Section
Articles
Abstract Views: 250
PDF Downloads: 136