Eksplorasi Konsep Matematika untuk Mentransformasi Konteks Matematika SD yang Mengandung NIlai-Nilai Karakter

  • ERIKA MAULITA ZULIYAWATI
  • NENI MARIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Matematika untuk mentransformasi konteks Matematika SD yang mengandung nilai-nilai karakter dan mendeskripsikan pandangan guru terkait hasil eksplorasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis transformatif yang menggunakan multi paradigma yakni paradigma interpretatif, kritis, dan postmodern. Teknik pengumpulan data menggunakan writing critical auto|ethnography studi literatur, postmodern interViews, dan writing as inquiry. Hasilnya terdapat konsep Matematika yakni perbandingan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif, perbandingan senilai dan berbalik nilai, satuan waktu, volume, berat, luas, pengumpulan dan penyajian data pada statistika, pengukuran kecepatan, jarak, waktu, dan modus pada statistika dapat ditransformasi konteksnya sehingga mengandung nilai karakter. Berdasarkan pandangan guru hasil penelitian ini dapat diterapkan pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar.

Kata Kunci: eksplorasi, konsep Matematika, nilai karakter




Published
2019-08-06
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 506