PENGEMBANGAN BUKU TUGAS HARIAN DALAM RANGKA MEMPERKUAT KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

  • ERMY HESTI SULISTYANINGRUM
  • HENDRIK PANDU PAKSI

Abstract

Belum adanya buku tugas untuk mengukur kemampuan ranah afektif dan psikomotor, sehingga peneliti bertujuan untuk membuat buku tugas harian agar aktivitas siswa bisa dipantau oleh orang tua serta sebagai catatan untuk sekolah melihat perkembangan karakter. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan valiadasi dari dosen dan kepala sekolah, angket respon orang tua, dan efektivitas buku tugas harian. Kevalidan buku tugas harian memperoleh persentase 82,14% dari uji validasi dosen dan uji validasi kepala sekolah 96%, kelayakan buku tugas harian memperoleh persentase 89,4% sehinggga memenuhi kriteria praktis untuk digunakan, dan efektifitas buku tugas harian memperoleh presentase 67,7% dengan kategori efektif dapat diartikan bahwa buku tugas harian dapat memperkuat karakter siswa sekolah dasar.





Published
2019-08-06
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 33