PENALARAN SISWA SD KELAS V DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penalaran siswa laki-laki dan perempuan dalam pemecahan masalah matematika. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan matematika tinggi. Data penelitian berupa tes kemampuan matematika, data tes pemecahan masalah matematika, dan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika berbeda dengan siswa perempuan. Hal tersebut terbukti pada hasil tes pemecahan masalah matematika dan hasil wawancara. Siswa laki-laki cenderung kurang percaya diri dengan pendapat sendiri dan masih membutuhkan bantuan dari peneliti, sedangkan siswa perempuan lebih percaya diri saat menjelaskan jawabanya kepada peneliti.
Kata Kunci : penalaran, pemecahan masalah matematika, gender.
PDF Downloads: 50