PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN WEREWOLF UNTUK MENGENALKAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN PACAR KELING V SURABAYA

  • ANDIN DEVI ANGGRAENI
  • HENDRIK PANDU PAKSI

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh materi keragaman sosial budaya pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V Sekolah Dasar yang tidak memiliki media. Tujuan dari penelitian ini ialah ingin mengetahui efektivitas permainan werewolf sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan keberagaman sosial budaya pada mata pelajaran PPKN kelas V SDN Pacar Keling V. Didapatkan hasil sebesar nilai rata-rata pre-test siswa adalah sebesar 73,64 dengan Standart Deviasi (SD) sebesar 9,62. Sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 89,09 dengan SD sebesar 10,71. Berdasarkan t-hitung yang didapatkan, yaitu sebesar 6,039 dengan t tabel yang didapatkan yaitu sebesar 32 maka t tabel dengan koefisien 0,05 yaitu sebesar 2,036. Jadi dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel = 6,039 > 2,036. Kesimpulannya ialah permainan werewolf yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan layak digunakaan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Werewolf, Media Pembelajaran, Keragaman
Published
2019-08-09
Section
Articles
Abstract Views: 226
PDF Downloads: 1075